Syaifur Rizal Sebuah jurnal

Merah

Untuk kali ke dua di tahun ini, portfolio tabungan 90% lebih berwarna merah. Yang mengagetkan adalah setelah sempat selama satu minggu floating antar 8% hingga 10%, di minggu berikutnya langsung longsor terus hingga kini berada di kisaran 1% YTD.

Luar biasa sekali.

Pun demikian, saya pernah mengalami hal yang lebih buruk di tahun ini juga. Ketika itu harus berjibaku karena portofolio floating di kisaran -5%.

Ketika itu saya ingat benar telah melakukan tindakan konyol dengan tergesa-gesa melakukan aksi pindah kapal. Padahal ketika itu tidak ada hal signifikan yang terjadi kecuali berita yang berisi cuitan akun Twitter Presiden Trump soal kampanye perang dagangnya dengan China.

Meski portfolio kemudian bisa floating positif, namun saya melewatkan banyak sekali potensi profit yang lebih besar.

Andai kata ketika itu tidak tergesa-gesa melakukan aksi pindah kapal, mungkin akan sempat merasakan floating di kisaran 15%!

Dari pengalaman itu, kali ini saya putuskan untuk bersikap pasif terhadap portfolio tabungan (dalam artian hanya melakukan average down jika ada yang floating -30%) dan hanya aktif melakukan transaksi di akun khusus yang saya fokuskan untuk mendalami trading selama tahun 2019 ini.

Haduuu …h, serius sekali sayah.

Diperbaharui: 2021-10-11